Selasa, 16 Juli 2013

Mengenal Kualitas Air Mata - Studi Palamarta


Mengenal Kualitas Air Mata
11 Juli 2013
Menurut sebagian orang, semakin sering manusia mengeluarkan air mata maka semakin sehat matanya. Tetesan air mata mengikis hati yang keras, mengasahnya untuk lebih peka. Mungkin prinsip itu yang membuat beberapa orang lebih sering meluapkan perasaannya lewat air mata. Air mata mampu mengekspresikan berbagai macam bentuk perasaan, membuat keadaan lebih dramatis dan lebih berkesan. Tapi hati-hati, disisi lain air mata adalah senjata terindah yang pernah diciptakan tuhan. Pada suatu keadaan tertentu, air mata akan menuntunmu pada dua kemungkinan:
·         Berbelas kasih dan segera berusaha menenangkannya;
·         Semakin jengkel, panik dan tidak ragu untuk mencongkel matanya. Sikap seperti ini sering ditemukan pada jenis air mata yang keluar berlebihan, dengan ekspresi orang yang menangis tersedu-sedu.
Mata adalah cerminan hati, tapi kualitas airnya tidak bisa ditentukan oleh kuantitasnya. Hal yang harus dilakukan saat melihat orang lain menangis adalah dengan tetap fokus pada keadaan, tetap berpikir jernih dan berusaha tenang dalam memahami permasalahan yang sebenarnya. Jangan sampai terkecoh terlebih salah menilai ekspresi hati seseorang. Perhatikan pula bahasa tubuhnya, selami palung hati terdalamnya.
Semoga bermanfaat, dan jangan sesekali bertindak bodoh dengan mempraktikkannya pada hewan maupun makhluk lainnya selain manusia.

1 komentar: